Hatta: Kemendikbud tidak terkena pemotongan anggaran

menteri koordinator bidang perekonomian hatta rajasa mengatakan kementerian studi dan kebudayaan merupakan salah Satu kementerian yang tak terkena pemotongan anggaran.

pemangkasan terbesar terjadi di 15 kementerian lembaga dan mempunyai anggaran sulit, kecuali kemendikbud, karena diatur pada undang-undang harus 20 persen dari total apbn, ujarnya ketika ditemui sebelum rapat koordinasi membahas pemotongan berbelanja kementerian lembaga selama jakarta, rabu.

hatta menungkapkan rencana pemotongan belanja kementerian lembaga tersebut diselenggarakan agar menahan pelebaran defisit anggaran juga terjadi dalam shopping dan tidak mengikat seperti perjalanan dinas juga pembangunan gedung.

menurut dia, pemotongan itu diselenggarakan dengan proposional pada setiap kementerian lembaga pas dengan alokasi anggaran dalam rencana kerja pemerintah juga proses pengadaan barang serta jasa.

Informasi Lainnya:

kita cuma ambil besarannya juga menurut proporsinya. tersebut tidak hanya kasus seberapa besar anggarannya, tapi juga rencana kerjanya, ujarnya.

menteri perencanaan pembangunan nasional/kepala bappenas armida alisjahbana mengatakan proses pemotongan ini merupakan upaya supaya memelihara ketahanan fiskal dan supaya anggaran belanja negara lebih efisien.

tentu ini tidak tidak sulit, karena ini sudah bulan mei, makanya dan betul-betul bisa dipangkas lagi pasti dan tak menganggu target, katanya

armida meyakinkan shopping kementerian lembaga yang terkena pemotongan tersebut antara lain berbelanja non operasional yang masih dapat ditunda pelaksanaannya, juga tak mengganggu target pelaksanaan pembangunan.

tentu semua kementerian lembaga berbeda (pemotongannya), tidak bisa dipukul rata. apabila kami mampu yang diminta 10 persen rupiah murni (dari anggaran k/l), bukan total anggaran, ujarnya.