Maskapai penerbangan diminta waspadai awan cumulonimbus

badan meteorologi, klimatologi serta geofisika pangkalpinang menyewa maskapai penerbangan mewaspadai pertumbuhan awan cumulonimbus. awan ini berpotensi badai hingga merupakan sarang petir juga halilintar, serta es.

waspadai cumulonimbus berskala setempat dan mengandung listrik tegangan ekstrim tinggi dan jika pesawat tetap menembus awan ini mampu menyebabkan goncangan mesin dan mengganggu sistem komunikasi, papar petugas kantor bmkg pangkalpinang, akhmad fadholi, pada pangkalpinang, sabtu.

pengamatan kantor bmkg setempat, mei 2013 puncak musim hujan dipicu kepesatan pertumbuhan awan cumulonimbus dan membawa angin kencang dan petir, oleh karenanya para pilot pesawat agar mewaspadai awan ini supaya mencegah kasus penerbangan.

secara publik, ujarnya, kondisi iklim selama provinsi tersebut belum mempengaruhi aktivitas penerbangan namun mesti diwaspadai awan rendah dan beresiko menghalangi penglihatan.

Informasi Lainnya:

awan rendah mampu menghalangi jarak pandang atau penglihatan sehingga menyulitkan pilot supaya mendarat, ini berbahaya terhadap keselamatan penumpang, ujarnya.

ada pilihan resiko daripada pertumbuhan awan cumulonimbus ini, dalam antaranya potensi udara vakum dan dapat mencari pesawat terbang kehilangan ketinggian serta turbulensi ke semua arah yang merugikan struktur pesawat terbang tersebut.

cumulonimbus biasa terdapat pada lingkar tropis, tumbuh di sekejap mata akibat dinamika cuaca juga cuaca setempat. dia mampu tumbuh menyerap sinar matahari sehingga gelap total di ketinggian 3.000 meter daripada permukaan laut hingga puluhan ribu meter dari permukaan laut dalam luasan dan luar biasa.